Seleksi Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota

P E N G U M U M A N

1268/Bawaslu/SJ/KP.04.00/IX/2020

Seleksi Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota

Dalam rangka Pengisian Jabatan Administrator Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/378/M.KT.01/2020 perihal Pertimbangan Tertulis Pembentukan Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten/Kota, kepada Saudara disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bawaslu mengundang Pegawai Negeri Sipil yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi pengisian Jabatan Administrator Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota di 19 (sembilan belas) Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Kelas A dan 62 (enam puluh dua) Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Kelas B. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi dapat mengusulkan nama-nama calon peserta seleksi baik dari unsur Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota untuk diusulkan pada Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai jabatannya sekarang atau diusulkan pada Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota lainnya dan dapat mengusulkan nama-nama calon diluar Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota.
  2. Persyaratan umum adalah sebagai berikut:
  1. Mendapat surat rekomendasi/persetujuan untuk mengikuti seleksi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi asal. Dikecualikan bagi PNS yang sudah bekerja di Bawaslu dan memiliki masa kerja di Bawaslu sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun, surat rekomendasi/persetujuan untuk mengikuti seleksi dari Pejabat Pembina
    Kepegawaian dapat diganti dengan SK Dipekerjakan/Surat Penugasan di Bawaslu dari Instansi induk/asal;
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV;
  3. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Penata Tingkat I golongan III/d untuk Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Kelas A;
  4. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Penata golongan III/c untuk Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Kelas B;
  5. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pengawas atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Muda paling singkat 2 (dua) tahun;
  6. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan;
  7. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat IV atau telah mengikuti dan lulus Diklat Penjenjangan Fungsional Ahli Muda untuk pemangku Jabatan Fungsional;
  10. Tidak pernah atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan tidak sedang dalam proses peradilan pidana.
  1. Persyaratan khusus adalah sebagai berikut:
  1. Pengalaman bekerja pada lembaga penyelenggara Pemilu atau instansi pemerintah yang bidang tugasnya berkaitan dengan jabatan yang akan diduduki;
  2. Menguasai manajemen pentahapan Pemilu;
  3. Menguasai reformasi birokrasi;
  4. Menguasai pengetahuan manajemen sumber daya manusia;
  5. Menguasai pengelolaan perencanaan program dan anggaran;
  6. Menguasai manajemen BMN;
  7. Menguasai pengelolaan kegiatan hubungan masyarakat; dan
  8. Mendayagunakan perbedaan secara konstruktif dan kreatif untuk meningkatkan efektifitas organisasi.
  1. Seleksi akan dilakukan dengan Metode Uji Kesesuian (Jobfit) oleh Panitia Seleksi Bawaslu yang terdiri dari Sekretaris Jenderal selaku Pejabat Pembina Kepegawaian, Para Karo dan Kabag SDM di Lingkungan Sekretariat Jenderal selaku Tim Penilai Kinerja, dan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi terkait selaku pejabat penilai dari Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota terkait;
  2. Peserta melakukan pendaftaran dengan mengirimkan dokumen persyaratan administrasi yang terdiri atas:
  1. Pas foto terbaru dengan latar belakang merah;
  2. Surat lamaran yang dibubuhi meterai Rp.6000 dan ditandatangani (contoh sebagaimana Lampiran III);
  3. Kartu Tanda Penduduk;
  4. Ijazah yang dipersyaratkan;
  5. Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Terakhir;
  6. Surat Keputusan pengangkatan dalam jabatan sekurang-kurangnya Jabatan Pengawas atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Muda yang pernah dijabat paling singkat 2 (dua) tahun;
  7. Sertifikat Diklat Kepemimpinan atau Diklat Fungsional sesuai persyaratan;
  8. Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir setiap unsur minimal bernilai baik, tahun 2018 dan tahun 2019;
  9. Surat rekomendasi/persetujuan untuk mengikuti seleksi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau Surat Keputusan dipekerjakan/Surat Penugasan di Bawaslu dari Instansi induk/asal bagi PNS yang sudah bekerja di Bawaslu dan
    memiliki masa kerja di Bawaslu sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun;
  10. Pakta Integritas yang ditandatangani (contoh sebagaimana Lampiran IV);
  11. Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak;
  12. Tanda bukti penyerahan LHKPN/LHKASN Tahun 2019;
  13. Tanda bukti penyerahan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2019;
  14. Mengisi formulir pendaftaran dan form daftar riwayat hidup melalui tautan https://bit.ly/KasekKabKotaBawaslu
  1. Dokumen persyaratan administrasi sebagaimana angka 5 huruf a s.d. huruf m dikirim melalui alamat email: seleksiterbuka@bawaslu.go.id dalam format (.pdf) paling lambat tanggal 29 September 2020.
  2. Pengisian formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup sebagaimana angka 5 huruf n paling lambat tanggal 29 September 2020.

 

Untuk Lebih lengkapnya silahkan download pengumuman berikut ini

Pengumuman Seleksi Kepala Sekretariat Bawaslu Kab Kota

Komentar